6 Langkah Mengatur Dapur Minimalis

6 Langkah Mengatur Dapur Minimalis

Dapur adalah ruangan dalam rumah yang memiliki fungsi yang sangat vital. Bagi setiap ibu, dapur merupakan tempat untuk melakukan banyak kegiatan setiap harinya. Karena itu suasana yang nyaman sangat penting untuk diciptakan, agar kegiatan masak-memasak untuk seluruh keluarga semakin terasa menyenangkan.

Jika diperhatikan, saat ini banyak rumah modern yang memiliki ukuran dan desain dapur minimalis. Jika rumah Anda termasuk rumah jenis ini, itu berarti Anda harus pandai untuk mengatur dapur agar terasa lebih luas dan nyaman. Mengatur banyak peralatan memasak di dapur yang sempit jelas bukanlah hal yang mudah, namun tidak berarti tidak bisa dilakukan. Berikut ini merupakan tips-tips yang bisa Anda coba praktekkan untuk menata dapur minimalis Anda menjadi lebih nyaman dan tampak lebih luas.

  1. Ubah Mindset

Mungkin banyak dari Anda yang masih berfikir secara mainstream, misalnya harus menyimpan makanan di lemari. Padahal, lemari makan memiliki ukuran yang tidak kecil untuk dapur yang sempit. Jika Anda berhadapan dengan masalah semacam ini, Anda perlu untuk mengubah pakem yang Anda ciptakan sendiri. Anda bisa mencoba untuk menyimpan makanan cukup di meja makan saja.

  1. Kerapian Dapur

Kenyamanan dapur minimalis bergantung pada kemampuan Anda untuk menjaga kerapiannya. Hal ini sangat penting, mengingat luas dan desain dapur minimalis yang kecil, barang yang berantakan akan membuat luas dapur semakin terasa sempit. Cobalah untuk menentukan tempat untuk seluruh perabotan dapur Anda terlebih dahulu. Jika sudah, atur perabotan dapur Anda di tempat tersebut. Seluruh perabotan yang sudah selesai digunakan dan dicuci langsung dikembalikan ke tempatnya semula. Dengan begitu kerapian dapur Anda bisa lebih terjaga.

  1. Dapur yang Terang

Tidak hanya dapur saja, sebenarnya seluruh ruangan di rumah Anda akan lebih baik bila dibuat sebagai ruangan terang. Anda bisa mengatur dapur Anda sehingga mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk pencahayaan yang hemat energi. Sinar matahari yang kurang justru akan membuat peralatan dapur Anda menjadi lembab dan mudah berjamur. Selain itu, pastikan permukaan meja yang ada di dapur Anda memiliki warna permukaan yang terang. Dengan begitu sinar matahari atau lampu bisa dipantulkan oleh meja sehingga ruangan dapur tampak lebih terang.

  1. Ilusi yang Tepat

Ada banyak alternatif untuk membuat ilusi dapur Anda terlihat lebih luas. Salah satunya adalah dengan memilih cat warna terang, misalnya putih. Selain cat putih, Anda juga bisa memilih perabotan dengan warna senada. Contohnya, jika Anda memilih dinding dengan warna putih, Anda juga bisa memilih peralatan makan berwarna senada. Dengan demikian, tumpukan perlatan makan menjadi hilang dan dapur Anda tampak lebih rapi.

  1. Ukuran Perabotan yang Sesuai

Jika Anda memiliki dapur yang minimalis, sesuaikan ukuran perabotan dapur Anda dengan ukuran dapur Anda. Perabotan dapur Anda mungkin sangat banyak, sehingga jika Anda tidak menyesuaikan ukurannya dengan ukuran dapur Anda, jelas akan membuat dapur Anda terasa sesak.

  1. Perabotan Multiguna

Hal ini sangat penting untuk Anda yang sedang berusaha merencanakan dapur Anda. Meskipun Anda mungkin masih merasa bingung dengan perabotan apa yang Anda perlukan, namun ketika Anda sudah mulai untuk menata dapur minimalis milik Anda, Anda akan mendapatkan bayangan perabotan seperti apa yang Anda perlukan untuk meringkas tempat namun memiliki fungsi ganda.

Semoga dengan tips mengatur dapur minimalis di atas, bisa membantu Anda untuk mewujudkan dapur minimalis yang nyaman untuk Anda. Selamat Mencoba!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *