4 Pilihan Mendesain Dapur Minimalis Dengan Konsep Tradisional

4 Pilihan Mendesain Dapur Minimalis Dengan Konsep Tradisional

 

Trend dapur dengan suasana tradisional atau country memang tidak pernah ada matinya. Pilihan desain dapur semacam ini tidak pernah lekang oleh waktu, terutama bagi masyarakat modern yang merindukan suasana pedesaan yang tradisional. Sebenarnya, merancang dapur dengan konsep seperti ini hanya memerlukan elemen-elemen tertentu. Salah satunya adalah dominasi warna kayu atau cokelat.

Pemilihan furnitur dan unsur-unsur lain yang berwarna seperti ini memang merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan dapur berkonsep country dengan kesan etnik yang kuat. Selain cara ini, masih banyak unsur yang bisa Anda gunakan dalam mewujudkan dapur minimalis dambaan Anda. Apakah Anda penasaran elemen-elemen sajakah yang bisa digunakan untuk mewujudkan dapur minimalis berkonsep country ini? Yuk simak!

  1. Furniture dan Aksen kayu Usang

Jangan bayangkan kita akan menggunakan kayu yang sudah tua dan usang sungguhan untuk membuat furnitur untuk dapur Anda. Yang dimaksud dengan kayu usang bukanlah kayu yang sudahlapuk sesungguhnya, melainkan pemilihan kayu yang motifnya sengaja dibuat menyerupai kayu yang sudah usang dan lapuk. Motif ini bisa dibuat baik dengan menggunakan cat tertentu atau pun pelitur. Bahkan beberapa mdel furnitur hanya mengadopsi motifnya saja, namun bahan bakunya bisa berupa batu, keramik, atau vynil. Meskipun cukup sederhana, namun trik ini sukses menciptakan suasana yang khas, lho.

  1. Perkakas Tembaga

Perkakas masak berbahan tembaga kuning atau coklat memiliki fungsi ganda. Selain untuk alat memasak, perkakas dapur berbahan tembaga juga bisa digunakan sebagai elemen dekorasi untuk dapur minimalis tradisional Anda yang khas. Pada jaman dahulu, peralatan tembaga menjadi barang mewah yang dibangga-banggakan oleh pemiliknya. Pun hingga sekarang, peralatan berbahan tembaga masih menjadi koleksi langka yang berharga.

  1. Aksesoris Tradisional

Selain mencoba furniture bertema kayu usang dan peralatan tembaga, Anda juga bisa menggunakan aksesoris tradisional untuk mempercantik tampilan dapur Anda. Aksesoris yang memiliki nuansa tradisional selalu identik dengan kehidupan pedesaan yang bersahaja. Elemen yang bisa Anda pilih dapat berupa frame kayu maupun rak kayu. Anda bisa mencoba untuk berkreasi dengan membuat rak kayu yang didesain mirip dengan tangga, sebagai salah satu elemen untuk mempercantik dapur Anda.

Selain itu, aksesoris tradisional juga baik untuk Anda gunakan sebagai pemanis kabinet dapur Anda. Cari Aksesoris yang memiliki warna cokelat tanah, krem, atau broken white. Warna-warna ini merupakan warna-warna yang identik dengan tema tradisional.

  1. Lantai Kayu

Selain furniture dapur berbahan kayu, lantai kayu juga bisa menjadi alternatif yang bisa Anda gunakan untuk mewujudkan kesan tradisional yang khas sesuai dengan tema dapur Anda. Anda bisa memilih lantai kayu dengan motif yang tampak kasar tanpa ketam. Motif ini menimbulkan kesan kuat dan kokoh. Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan menggunakan lantai kayu, sebab dapur merupakan area yang basah sehingga rentan terhadap lembab yang bisa membuat lantai kayu menjadi berjamur dan lapuk.

Oleh karena itu banyak pemilik rumah yang menghindar penggunaan lantai kayu untuk area dapur. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa membuat lantai dari bahan lain yang diberi motif seperti kayu secara sengaja, dengan trik yang sama ketika membuat model furnitur bermotif kayu usang yang telah diulas sebelumnya.

Nah, itu tadi 4 elemen yang bisa Anda coba untuk mendesain dapur minimalis bertemakan tradisional. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda, ya. Anda juga bisa berkreasi dengan elemen lain yang mendukung dapur impian Anda, sesuai dengan kreatifitas Anda. Selamat mencoba!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *