peralatan dapurku dotcom

4 Perabotan Dapur Multiguna Untuk Dapur Minimalis

Berbicara tentang dapur, kita tidak bisa lebas dari aspek-aspek yang berkaitan erat dengannya, seperti kebersihan dapur dan perabotan yang ada di dalamnya. Kebersihan dapur memang harus selalu memperoleh perhatian karena dapur adalah bagian pusat dari rumah, tempat dimana makanan untuk Anda sekeluarga dimasak. Namun selain kebersihan dapur, perabotan dapur juga layak untuk mendapatkan perhatian khusus. Terutama untuk Anda yang memiliki dapur minimalis dengan luas yang tidak terlalu besar.  Anda harus pandai-pandai dalam memilik perabotan yang akan diletakkan dalam dapur Anda, sebab bentuk perabotan yang terlalu besar jelas akan banyak memakan tempat dan membuat dapur Anda menjadi lebih sempit.

Untuk para pemilik dapur minimalis pasti akan lebih memilih perabotan dan peralatan dapur yang memiliki fungsi ganda agar lebih menghemat tempat dan waktu. Namun tidak jarang juga seseorang memilih peralatan dapur yang unik sehingga selain berfungsi untuk memasak juga dapat digunakan sebagai hiasan dapur. Kali ini, kami telah mengambil beberapa contoh perabotan dan peralatan dapur yang unik dan multifungsi seperti berikut ini:

  1. Meja Lipat

Meja lipat dengan berbagai bentuk dapat Anda terapkan dalam dapur Anda. Anda bisa memasang meja makan lipat yang dikombinasikan dengan rak dapat menjadi pilihan Anda untuk menyediakan ruang berlalu lalang saat sedang sibuk memasak, dan tinggal menariknya ketika meja makan sudah dibutuhkan. Furnitur lipat semacam ini memang sangat efisien untuk menyiasai dapur minimalis Anda, sebab ketika tidak diperlukan, gabungan tersebut berada dalam keadaan terlipat dan menempel di dinding, sehingga terlihat ramping dan leluasa untuk bergerak.

  1. Split Frypan

Saat ini, sudah ada Frying Pan yang bisa langsung digunakan sebagai piring, bernama Split Frypan. Peralatan ini memiliki fungsi ganda sebagai alat memasak sekaligus menjadi piring makan Anda. Ada slot di dasar desain untuk mengunci pelat bawah yang bisa dibuka dan dipasang kembali saat dibutuhkan. Alat ini jelas sangat berguna bagi Anda yang sering terburu-buru. Saat selesai memasak, Anda bisa langsung memakannya di piring bagian bawah desainnya tanpa perlu repot-repot menuangkannya ke piring lain. Lebih praktis dan hemat waktu.

  1. Sticker Tempat Pisau

Sesuai namanya, sticker ini merupakan tempat pisau yang dapat ditempel di dinding atau tempat lain sesuai keinginan Anda. Tempat pisau berbentuk sticker ini didesain dengan material Vinyl Magnetik yang bisa menempel dengan kuat dan sempurna. Cukup tempelkan sticker ini dan kemudian tempelkan pisau Anda di sticker ini. Jangan khawatir, sisi permukaan yang menempel dengan pisau cukup kuat untuk menjaga pisau agar tidak jatuh, lho. Sedangkan sisi yang menempel di dinding dapat dilepas dengan mudah.

  1. Rak Multifungsi

Rak multifungsi memang sengaja dirancang dengan model yang dapat menghemat tempat sekaligus mengoptimalkan ruang yang tersedia. Biasanya, rak-rak dapur ini akan digabung dengan meja kompor maupun oven atau peralatan lain sehingga tampak lebih ringkas. Contohnya, ada rak skyline yang dirancang sebagai tempat meletakkan benda-benda keperluan dapur dan dilengkapi dengan pencahayaan built-in sehingga membantu dapur tampak lebih terang. Ada juga rak yang dirancang menempel dengan wastafel dengan banyak kabinet di sisi-sisinya.

Itulah tadi 4 inspirasi peralatan multifungsi yang mungkin bisa menjadi referensi sebagai perabotan dan peralatan dalam dapur minimalis Anda. Semoga artikel ini membawa manfaat untuk Anda dalam membuat ruangan dapur yang nyaman dan maksimal dengan penggunaan furnitur serta perabotan yang tepat, ya.

 

4 Pilihan Mendesain Dapur Minimalis Dengan Konsep Tradisional

4 Pilihan Mendesain Dapur Minimalis Dengan Konsep Tradisional

 

Trend dapur dengan suasana tradisional atau country memang tidak pernah ada matinya. Pilihan desain dapur semacam ini tidak pernah lekang oleh waktu, terutama bagi masyarakat modern yang merindukan suasana pedesaan yang tradisional. Sebenarnya, merancang dapur dengan konsep seperti ini hanya memerlukan elemen-elemen tertentu. Salah satunya adalah dominasi warna kayu atau cokelat.

Pemilihan furnitur dan unsur-unsur lain yang berwarna seperti ini memang merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan dapur berkonsep country dengan kesan etnik yang kuat. Selain cara ini, masih banyak unsur yang bisa Anda gunakan dalam mewujudkan dapur minimalis dambaan Anda. Apakah Anda penasaran elemen-elemen sajakah yang bisa digunakan untuk mewujudkan dapur minimalis berkonsep country ini? Yuk simak!

  1. Furniture dan Aksen kayu Usang

Jangan bayangkan kita akan menggunakan kayu yang sudah tua dan usang sungguhan untuk membuat furnitur untuk dapur Anda. Yang dimaksud dengan kayu usang bukanlah kayu yang sudahlapuk sesungguhnya, melainkan pemilihan kayu yang motifnya sengaja dibuat menyerupai kayu yang sudah usang dan lapuk. Motif ini bisa dibuat baik dengan menggunakan cat tertentu atau pun pelitur. Bahkan beberapa mdel furnitur hanya mengadopsi motifnya saja, namun bahan bakunya bisa berupa batu, keramik, atau vynil. Meskipun cukup sederhana, namun trik ini sukses menciptakan suasana yang khas, lho.

  1. Perkakas Tembaga

Perkakas masak berbahan tembaga kuning atau coklat memiliki fungsi ganda. Selain untuk alat memasak, perkakas dapur berbahan tembaga juga bisa digunakan sebagai elemen dekorasi untuk dapur minimalis tradisional Anda yang khas. Pada jaman dahulu, peralatan tembaga menjadi barang mewah yang dibangga-banggakan oleh pemiliknya. Pun hingga sekarang, peralatan berbahan tembaga masih menjadi koleksi langka yang berharga.

  1. Aksesoris Tradisional

Selain mencoba furniture bertema kayu usang dan peralatan tembaga, Anda juga bisa menggunakan aksesoris tradisional untuk mempercantik tampilan dapur Anda. Aksesoris yang memiliki nuansa tradisional selalu identik dengan kehidupan pedesaan yang bersahaja. Elemen yang bisa Anda pilih dapat berupa frame kayu maupun rak kayu. Anda bisa mencoba untuk berkreasi dengan membuat rak kayu yang didesain mirip dengan tangga, sebagai salah satu elemen untuk mempercantik dapur Anda.

Selain itu, aksesoris tradisional juga baik untuk Anda gunakan sebagai pemanis kabinet dapur Anda. Cari Aksesoris yang memiliki warna cokelat tanah, krem, atau broken white. Warna-warna ini merupakan warna-warna yang identik dengan tema tradisional.

  1. Lantai Kayu

Selain furniture dapur berbahan kayu, lantai kayu juga bisa menjadi alternatif yang bisa Anda gunakan untuk mewujudkan kesan tradisional yang khas sesuai dengan tema dapur Anda. Anda bisa memilih lantai kayu dengan motif yang tampak kasar tanpa ketam. Motif ini menimbulkan kesan kuat dan kokoh. Namun ada satu hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan menggunakan lantai kayu, sebab dapur merupakan area yang basah sehingga rentan terhadap lembab yang bisa membuat lantai kayu menjadi berjamur dan lapuk.

Oleh karena itu banyak pemilik rumah yang menghindar penggunaan lantai kayu untuk area dapur. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa membuat lantai dari bahan lain yang diberi motif seperti kayu secara sengaja, dengan trik yang sama ketika membuat model furnitur bermotif kayu usang yang telah diulas sebelumnya.

Nah, itu tadi 4 elemen yang bisa Anda coba untuk mendesain dapur minimalis bertemakan tradisional. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda, ya. Anda juga bisa berkreasi dengan elemen lain yang mendukung dapur impian Anda, sesuai dengan kreatifitas Anda. Selamat mencoba!

 

6 Langkah Mengatur Dapur Minimalis

6 Langkah Mengatur Dapur Minimalis

Dapur adalah ruangan dalam rumah yang memiliki fungsi yang sangat vital. Bagi setiap ibu, dapur merupakan tempat untuk melakukan banyak kegiatan setiap harinya. Karena itu suasana yang nyaman sangat penting untuk diciptakan, agar kegiatan masak-memasak untuk seluruh keluarga semakin terasa menyenangkan.

Jika diperhatikan, saat ini banyak rumah modern yang memiliki ukuran dan desain dapur minimalis. Jika rumah Anda termasuk rumah jenis ini, itu berarti Anda harus pandai untuk mengatur dapur agar terasa lebih luas dan nyaman. Mengatur banyak peralatan memasak di dapur yang sempit jelas bukanlah hal yang mudah, namun tidak berarti tidak bisa dilakukan. Berikut ini merupakan tips-tips yang bisa Anda coba praktekkan untuk menata dapur minimalis Anda menjadi lebih nyaman dan tampak lebih luas.

  1. Ubah Mindset

Mungkin banyak dari Anda yang masih berfikir secara mainstream, misalnya harus menyimpan makanan di lemari. Padahal, lemari makan memiliki ukuran yang tidak kecil untuk dapur yang sempit. Jika Anda berhadapan dengan masalah semacam ini, Anda perlu untuk mengubah pakem yang Anda ciptakan sendiri. Anda bisa mencoba untuk menyimpan makanan cukup di meja makan saja.

  1. Kerapian Dapur

Kenyamanan dapur minimalis bergantung pada kemampuan Anda untuk menjaga kerapiannya. Hal ini sangat penting, mengingat luas dan desain dapur minimalis yang kecil, barang yang berantakan akan membuat luas dapur semakin terasa sempit. Cobalah untuk menentukan tempat untuk seluruh perabotan dapur Anda terlebih dahulu. Jika sudah, atur perabotan dapur Anda di tempat tersebut. Seluruh perabotan yang sudah selesai digunakan dan dicuci langsung dikembalikan ke tempatnya semula. Dengan begitu kerapian dapur Anda bisa lebih terjaga.

  1. Dapur yang Terang

Tidak hanya dapur saja, sebenarnya seluruh ruangan di rumah Anda akan lebih baik bila dibuat sebagai ruangan terang. Anda bisa mengatur dapur Anda sehingga mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk pencahayaan yang hemat energi. Sinar matahari yang kurang justru akan membuat peralatan dapur Anda menjadi lembab dan mudah berjamur. Selain itu, pastikan permukaan meja yang ada di dapur Anda memiliki warna permukaan yang terang. Dengan begitu sinar matahari atau lampu bisa dipantulkan oleh meja sehingga ruangan dapur tampak lebih terang.

  1. Ilusi yang Tepat

Ada banyak alternatif untuk membuat ilusi dapur Anda terlihat lebih luas. Salah satunya adalah dengan memilih cat warna terang, misalnya putih. Selain cat putih, Anda juga bisa memilih perabotan dengan warna senada. Contohnya, jika Anda memilih dinding dengan warna putih, Anda juga bisa memilih peralatan makan berwarna senada. Dengan demikian, tumpukan perlatan makan menjadi hilang dan dapur Anda tampak lebih rapi.

  1. Ukuran Perabotan yang Sesuai

Jika Anda memiliki dapur yang minimalis, sesuaikan ukuran perabotan dapur Anda dengan ukuran dapur Anda. Perabotan dapur Anda mungkin sangat banyak, sehingga jika Anda tidak menyesuaikan ukurannya dengan ukuran dapur Anda, jelas akan membuat dapur Anda terasa sesak.

  1. Perabotan Multiguna

Hal ini sangat penting untuk Anda yang sedang berusaha merencanakan dapur Anda. Meskipun Anda mungkin masih merasa bingung dengan perabotan apa yang Anda perlukan, namun ketika Anda sudah mulai untuk menata dapur minimalis milik Anda, Anda akan mendapatkan bayangan perabotan seperti apa yang Anda perlukan untuk meringkas tempat namun memiliki fungsi ganda.

Semoga dengan tips mengatur dapur minimalis di atas, bisa membantu Anda untuk mewujudkan dapur minimalis yang nyaman untuk Anda. Selamat Mencoba!